Profil Sekolah
Visi dan Misi
Visi :
Mewujudkan Peserta Didik yang Beriman dan Berakhlak Mulia, Cerdas, Terampil, dan Berwawasan Global
Misi :
- Menyelenggarakan proses pendidikan dan kegiatan pembelajaran yang bermuara pada peningkatan dan pengamalan keimanan dan akhlak mulia peserta didik.
- Menyelenggarakan proses pendidikan dan kegiatan pembelajaran yang mengoptimalkan peningkatan kecerdasan (Intelektual, Emosional, Sosial dan Spritual) pada diri peserta didik.
- Menyelenggarakan proses pendidikan dan kegiatan pembelajaran yang mampu mengasah dan mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berbagai bidang.
- Menyelenggarakan proses pendidikan dan kegiatan pembelajaran yang menguatkan kompetensi keilmuan dan keterampilan, komunikasi dan wawasan secara global peserta didik untuk bersaing di era globalisasi melalui pemanfaatan media informasi dan telekomunikasi.
- Melaksanakan tata kelola sekolah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.
- Meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan melalui berbagai kegiatan.
- Membudayakan senyum, salam, sapa, sopan dan santun dalam pergaulan hidup.
Tujuan :
Merujuk pada visi dan misi maka dapat dirumuskan tujuan operasional yang ingin dicapai oleh SMAN 1 Maronge dari tahun 2018 sampai 2022 sebagai berikut.
- Menghasikan peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia.
- Menghasikan peserta didik yang memiliki kecerdasan Intelektual, Emosional, Sosial dan Spritual.
- Menghasikan peserta didik yang terampil dalam berbagai bidang.
- Menghasikan peserta didik yang kompeten secara keilmuan, keterampilan, komunikasi dan memiliki wawasan secara global.
- Menghasilkan tata kelola sekolah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.
- Menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang professional.
- Menghasilkan tata pergaulan hidup yang senantiasa mengedapan etika, senyum, salam, sapa, sopan dan santun.
Sejarah Singkat
Pada awal berdirinya, sekolah ini melaksanakan kegiatan pembelajran di SMPN 1 Maronge di Jalan Raya Sumbawa Besar-Maronge KM 45 sekarang bangunannya berhadapan langsung. Pada tanggal 11 Agustus 2010, Pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan memberikan ijin penyelenggaraan pendidikan, sehingga proses KBM berjalan pada siang sampai dengan sore hari setelah KBM SMPN 1 Maronge selesai.
Satu tahun kemudian, tepat pada tanggal 11 Agustus 2011, Pemerintah memberikan Surat Keputusan Defetif Penegerian dengan SK Nomor : Tahun 2011. Pada tahun pelajaran 2011/2012 SMAN 1 Maronge menerima siswa sejumlah 50 org dan dibantu oleh PTK yang terdiri dari guru sejumlah 15 org dan Tenaga Kependidikan sejumlah 5 org.
Sejak saat itu pergantian pimpinan sekolah dapat diurutkan sebagai berikut :
- Tahun 2010 sd 2011 dipimpin oleh Bapak Saparuddin, S.Pd.,M.Pd (kepala sekolah perintis)
- Tahun 2011 sd 2014 dipimpin oleh Bapak Drs. H Suaif
- Tahun 2014 dipimpin oleh Bapak Afendi, S.Pd
- Tahun 2016 sd 2018 dipimpin oleh Bapak Junaidi, S.Pd.,M.Pd
- Tahun 2018 dipimpin oleh Bapak Saparuddin, S.Pd.,M.Pd. hingga sekarang
Sarana & Prasarana
Berikut ini adalah sarana dan prasarana yang ada di sekolah :
- Kelas X MIPA1
- Kelas X MIPA2
- Kelas X IPS
- Kelas XI MIPA
- Kelas XI IPS
- Kelas XII MIPA1
- Kelas XII MIPA2
- Kelas XII IPS
- Ruang Kepala Sekolah
- Ruang Tata Usaha
- Ruang Lobi
- Ruang Guru
- Ruang Kesiswaan
- Ruang BK/BP
- Ruang Gudang
- Ruang Satpam
- Lab Komputer
- Perpustakaan
- Mushollah
- Parkir
- WC Guru
- WC Laki-laki
- WC Perempuan
- Kantin
NO | JENIS BANGUNAN | JUMLAH | LUAS (m2) | BAIK | RB | RS | RR | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Lahan Sekolah | ||||||||||||||
a. Luas Lahan | 11.182 | Ö | |||||||||||||
b. Luas Bangunan | – | Ö | |||||||||||||
2 | Gedung Sekolah | – | |||||||||||||
3 | Laboratorium IPA | – | |||||||||||||
a. Lab. Biologi | 0 | – | |||||||||||||
b. Lab. Kimia | 1 | – | Ö | ||||||||||||
c. Lab. Fisika | – | – | |||||||||||||
4 | Laboratorium IPS | – | – | ||||||||||||
5 | Laboratorium Bahasa | – | – | ||||||||||||
6 | Laboratorium Komputer | 1 | 150 | Ö | |||||||||||
7 | Perpustakaan | 1 | – | Ö | |||||||||||
8 | Mushollah | 1 | – | Ö | |||||||||||
9 | Kantor Sekolah | – | – | ||||||||||||
a. Ruang Kepala Sekolah | 1 | – | Ö | ||||||||||||
b. Ruang Wakasek | – | – | |||||||||||||
c. Ruang guru | 1 | 150 | Ö | ||||||||||||
d. Ruang Tata Usaha | 1 | Ö | |||||||||||||
e. Ruang BP | 1 | – | Ö | ||||||||||||
10 | Ruang Belajar/ Ruang Kelas | 8 | 540 | Ö | |||||||||||
11 | Ruang Rapat | – | – | ||||||||||||
12 | Ruang Gudang | 1 | – | Ö | |||||||||||
13 | Ruang Osis | 1 | – | Ö | |||||||||||
14 | Ruang UKS | – | – | ||||||||||||
15 | Ruang PMR | – | – | ||||||||||||
16 | Ruang PSB (Pusat Sumber Belajar) | – | – | ||||||||||||
17 | Ruang EkstraKulikuler | – | – | ||||||||||||
18 | Rumah Dinas Kepala Sekolah | – | – | ||||||||||||
19 | Rumah Dinas Guru | – | – | ||||||||||||
20 | Rumah Dinas Penjaga Sekolah | – | – | ||||||||||||
21 | Asrama Siswa | – | – | ||||||||||||
22 | Unit Produksi | – | – | ||||||||||||
23 | Aula | – | – | ||||||||||||
24 | Kantin | – | – | ||||||||||||
25 | Kamar Mandi / WC Guru | 4 | 12 | Ö | |||||||||||
26 | Kamar Mandi / WC Siswa | 5 | 24 | Ö | |||||||||||
27 | Sumur/ PAM | 1 | – | Ö | |||||||||||
28 | Ruang Piket | – | – | ||||||||||||
29 | Ruang Multimedia | – | – | ||||||||||||
30 | Pos Satpam | 1 | – | Ö | |||||||||||
31 | Ruang Sanggar / MGMP | – | – | ||||||||||||
32 | Tempat Parkir | 1 | – | Ö | Ö | ||||||||||
33 | Tandon Air | 2 | – | Ö | |||||||||||
34 | Lapangan Basket / tenis | – | – | ||||||||||||
35 | Lapangan Volly | 1 | – | Ö | |||||||||||
36 | Lapangan Takraw/Bulutangkis | – | – | Ö | |||||||||||
37 | Lapangan Sepak Bola | – | – | ||||||||||||
38 | Lapangan Upacara | 1 | – | Ö | |||||||||||
39 | Ruang Koperasi | – | – | ||||||||||||
40 | Ruang Olahraga | – | – | ||||||||||||
41 | dll | – | – | ||||||||||||
Struktur Organisasi
Kepala Sekolah
Saparuddin,S.Pd.,M.Pd adalah kepala SMAN 1 Maronge yang ke 4 sejak berdirinya sekolah ini pada tahun 2010 Lahir di Terata pada tanggal 02 Januari tahun 1969. Menghabiskan masa kecil di Terata dan Ropang, tingkat SLTA di Sumbawa. Jurusan PPKn UNRAM membawanya menjadi seorang sarjana PPKn pada tahun 1988. Magister Manajemen Pendidikan diselesaikannya pada tahun 2005 di Universitas
Program Kerja
Program Unggulan
1. Menjadi Sekolah Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMI)
2. Mengembangkan Sikap dan Kompetensi Keagamaan
3. Mengembangkan Potensi Siswa Berbasis Multiple Intelligance
4. Mengembangkan Budaya daerah
5. Mengembangkan Kemampuan bahasa dan Teknologi Informasi
6. Meningkatkan Daya serap Ke Dunia Kerja
Program Pengembangan Sarana Prioritas
1. Membangun 2 Ruang kelas Belajar
2. Membangun 1 ruang laboratorium kimia
3. Pembangunan Kantin Siswa
5. Perbaikan dan Pengecetan Lapangan Olah Raga
6. Pengembangan Jaringan Infrastruktur LAN (Intranet dan Internet)
7. Pengembangan Sistem Informasi Sekolah (SIS)
8. Melengkapi Sarana dan Prasarana Perpustakaan dan Lab Komputer
9. Renovasi Mushallah
10. Renovasi Tampilan Depan Skolah/Gerbang Sekolah
11. Melengkapi alat praktek
Kondisi Siswa
Berikut ini adalah tabel kondisi siswa di sekolah kami :
NO | TAHUN PELAJARAN | LAKI-LAKI | PEREMPUAN | TOTAL |
---|---|---|---|---|
1 | 2010/2011 | 40 | 50 | 90 |
2 | 2011/2012 | 50 | 60 | 110 |
3 | 2012/2013 | 74 | 109 | 183 |
4 | 2013/2014 | 73 | 108 | 181 |
5 | 2014/2015 | 91 | 130 | 221 |
6 | 2015/2016 | 97 | 128 | 225 |
7 | 2016/2017 | 101 | 113 | 214 |
8 | 2017/2018 | 93 | 128 | 222 |
9 | 2018/2019 | 92 | 118 | 210 |
10 | 2019/2020 | 94 | 149 | 243 |
11 | 2020/2021 | 84 | 128 | 212 |
Komite Sekolah
Semenjak diluncurkannya konsep Sekolah Penjaminan Mutu Internal dalam sistem manajemen sekolah, Komite Sekolah sebagai organisasi mitra sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya turut serta mengembangkan pendidikan di sekolah. Kehadirannya tidak hanya sekedar sebagai stempel sekolah semata, khususnya dalam upaya memungut biaya dari orang tua siswa, namun lebih jauh Komite Sekolah harus dapat menjadi sebuah organisasi yang benar-benar dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa dari masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah serta dapat menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekolah.
Agar Komite Sekolah dapat berdaya, maka dalam pembentukan pengurus pun harus dapat memenuhi beberapa prinsip/kaidah dan mekanisme yang benar, serta dapat dikelola secara benar pula. Susunan pengurus Komite Sekolah adalah sebagai berikut:
Ketua : Bulkiyah Yasin
Sekretaris : Ir. Sudirman
Bendahara : Bil’id
Anggota 1 : Endang Sulastri, S.Pd
Anggota 2 : Riska Ade Putra, S.Pd
Anggota 3 : Jupri Parmasyah
Prestasi Siswa
Prestasi di Bidang Akademik :
- Peringkat ke-3 OSK Astronomi TP 2018/2019
Prestasi di Bidang Non-Akademik :
- Juara I lomba Pidato Bahasa Inggris
- Juara 2 O2SK Lomba Renang Tk. Kabupaten Tahun 2019